Customer Sevice
Pengertian dan Fungsi Customer Service
A. Pengertian customer service
front ofiice merupakan barisan terdepan dalam melakukan pelayanan kepada
masyarakat. Customer service adalah suatu tugas lain dari penjualan secara aktif,
tugas termasuk dalam hubungan langsung dengan komsumen itu sendiri, atau
melalui alat komunikasi, suart atau prooses otomatis. Ini dirancang, dilaksanakan
dan dikomunikasikan dengan dua tujuan utaman, yaitu produktivitas oprasional dan
kepuasan konsumen.
Menurut Kasmir (2003, 216) penegrtian customer service secara umum
adalah “ setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan
kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan
kebutuhan nasabah”.
Menurut Philip Kotler (2002,143) “pelayanan atau service adalah setiap
kegiatan atau mamfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lain nya yang
pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu dan
produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk pisik”.
Dari uarian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa customer service adalah
orang yang bertugas untuk memberikan pelayanan informasi dan merupakan
perantara antara bank dengan nasabah yang akan menggunakan produk bank
tersebut, serta memberikan keuntungan bagin kedua belah pihak.
Sebagai seorang customer service diberikan beban dan tanggung jawab dari awal
sampai selesai dalam melayani nasabah secara prima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar